Investasi pada Alternatif Cocoa Butter untuk Mendorong Perlindungan Hutan di Kalimantan

Estherina Daniel

2 minutes read - 14 May, 2024

Investasi pada Alternatif Cocoa Butter untuk Mendorong Perlindungan Hutan di Kalimantan

author picture

Estherina Daniel

2 minutes read

14 May, 2024

    Investasi pada Alternatif Cocoa Butter untuk Mendorong Perlindungan Hutan di Kalimantan

    Siaran Pers - 14 Mei 2024

    Bali, Indonesia - Forestwise, perusahaan perintis yang fokus mengurangi laju deforestasi di Kalimantan, mengumumkan kemitraan strategis dengan Terratai. Terratai merupakan perusahaan investasi yang bergiat mendukung usaha-usaha berbasis pelestarian alam dan keanekaragaman hayati.

    Didirikan pada 2018, oleh Dirk-Jan Oudshoorn dan Theo Smits, Forestwise berupaya memutus rantai deforestasi dengan membangun pasar untuk produk hutan bernilai tinggi. Pendekatan ini bertujuan menciptakan insentif ekonomi bagi masyarakat untuk melindungi hutan. Investasi Terratai akan memperkuat upaya Forestwise dalam pemanenan, produksi, dan distribusi mentega illipe, alternatif berkelanjutan dan terlacak dari kelapa sawit. Mentega illipe berasal dari buah pohon Shorea stenoptera, pohon raksasa endemik yang berperan vital dalam ekologi Kalimantan serta budaya masyarakat Dayak setempat.

    Dengan memasarkan produk hutan yang dipanen secara lestari seperti mentega illipe, Forestwise dan Terratai berupaya menghadirkan pendapatan jangka panjang bagi para petani. Upaya ini merupakan alternatif kegiatan ekonomi yang potensial berdampak penghentian konversi hutan hujan menjadi perkebunan monokultur. Kemitraan ini diproyeksikan mendukung penghidupan lebih dari 1.000 pengumpul buah illipe, orang-orang yang juga berperan sebagai penjaga hutan seluas hampir 200.000 hektar - melebihi tiga kali luas Singapura.

    Forestwise dan Terratai yakin bahwa pendapatan dari buah illipe dan produk hutan hujan berkelanjutan lainnya dapat menggandakan penghasilan petani. Ini menawarkan solusi dengan dampak finansial, lingkungan, dan sosial yang jauh lebih rendah dibandingkan perkebunan monokultur.

    Terratai akan memberikan pendampingan strategis, dukungan operasional, dan akses ke modal kerja untuk mendukung pertumbuhan Forestwise serta menarik investor masa depan yang selaras dengan visi perusahaan. Terratai juga turut terlibat dalam pengukuran dampak model bisnis ini di Kalimantan Barat dalam berbagai aspek, seperti layanan ekosistem, mitigasi iklim, dan perlindungan keanekaragaman hayati di wilayah sumber daya di Kalimantan Barat.

    "Kolaborasi dengan Terratai menandai langkah penting dalam perjalanan kami menuju konservasi hutan berkelanjutan," ujar Direktur Utama Forestwise, Dirk-Jan Oudshoorn, antusias. "Dengan dukungan mereka, kami optimis dapat meningkatkan dampak, mendiversifikasi produk, dan menciptakan nilai lestari bagi masyarakat dan lingkungan."

    Senada dengan Oudshoorn, CEO Terratai, Matt Leggett, turut menyampaikan kegembiraannya. "Forestwise memiliki potensi luar biasa untuk menghentikan deforestasi dan memulihkan hutan Kalimantan yang kritis, serta mendukung masyarakat lokal. Kami merasa terhormat menjadi bagian dari perjalanan mereka," ungkap Leggett.

    Melalui kemitraan ini, Forestwise dan Terratai siap mendorong perubahan nyata dalam upaya melawan deforestasi dan membuka jalan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

     

    Untuk pertanyaan media, silakan hubungi:

    Alexander Van Oord
    Commercial Strategy Consultant – Forestwise
    [email protected]
    +31 6 41411973

    Estherina Daniel
    Senior Advisor – Terratai
    [email protected]
    +61 412 845 402

     

    Tentang Forestwise:

    Forestwise berdedikasi untuk menghentikan deforestasi dan mempromosikan konservasi hutan hujan di Indonesia. Didirikan pada tahun 2018, Forestwise mengelola seluruh rantai nilai produk hutan hujan, mulai dari pengadaan dan pemrosesan hingga penjualannya ke merek-merek yang sadar akan keberlanjutan di seluruh dunia. Dengan fokus pada pelestarian kawasan yang kaya keanekaragaman hayati, Forestwise berkomitmen untuk menciptakan model bisnis regeneratif yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

    Tentang Terratai:

    Terratai adalah perusahaan pelopor di Asia,  yang mendukung pengembangan bisnis rintisan yang berfokus pada usaha kecil yang memberikan solusi berbasis alam. Terratai didirikan dengan tujuan untuk mengatasi kekurangan dukungan teknis dan akses pembiayaan tahap awal bagi perusahaan-perusahaan yang berdampak positif pada alam. Terratai berdedikasi untuk memperkuat dan memperluas upaya berdampak yang mengatasi hambatan sistemik dalam bidang keberlanjutan pangan dan pelestarian lingkungan. Terratai ini menawarkan dukungan bisnis yang berorientasi pada dampak positif melalui upaya membuka akses pembiayaan, penyediaan keahlian teknis NBS, dan dukungan pengembangan bisnis.

    get in touch

    Are you interested in learning more? Would you like to collaborate with Terratai?

    GET IN TOUCH

      Are you interested in learning more? Would you like to collaborate with Terratai? Fill in the form below and we’ll stay in touch.

      Which of these options best describes you?